Laman

Tuesday, January 3, 2012

tips mengatsi Varises

Varises
Penderita varises pasti sangat kesakitan bila tengah melakukan aktivitas. Juga tonjolan pembuluh darah yang berwarna kebiruan merusak keindahan kaki. Oleh sebab itu jangan remehkan varises.

Varises terjadi karena melemahnya elastisitas dinding pembuluh darah vena, otot kaki yang terlalu tegang, kaki dan pembuluh darah bengkak.  Anda mengalaminya? Tips berikut ini dapat meyelamatkan kaki dari varises.
  1. Hindari mekai sandal atau sepatu yang berhak tinggi, karena mengakibatkan kaki tegang.
  2. Kuranggi pakaian dalam yang superketat, sebab pakaian bra, ikat pinggang, kaus kaki dan stocking ekstra ketat dapat membatasi aliran darah, dan hal ini sangat tawan dengan varises.
  3. Lakukan peregangan sesering mungkin, setidaknya setiap bangun tidur. Jika pekerjaan banyak menuntut untuk berdiri/duduk, lakukan peregangan (stretching) kaki dengan memutart pergelangan berlawanan arah jatrum jam, lalu goyangkan jari sesekali agar sendi kendur.
  4. Perhatikan kaki selama bekerja. Usahakan kaki tidak meyilang atau menekuk dalam waktu jangka lama. Tujuannya agar kaki tidak menyangga berat badan. Ketika duduk lama, lepas sepatu dab usahakan telapak kaki sejajar dengan lantai.
  5. Istirahatkan kaki menjelang tidur. Angkat lebih tinggi dari dada. Sandarkan kaki ke tombok sambil berbaring, setelah itu istirahatkan kaki di atas bantal.
  6. Rendam kaki bergantian dalam air hangat dan air dingin masing-masing 15-30 detik. Ulangi selama 30 menit tujuannya agar peredaran darah lancer dan dinding pembuluh darah kuat.
  7. Olah raga teratur dengan berjalan santai, lari, renang, sebelum melukakan orah raga sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu tujuannya adala agar terhindar dari varises.
  8. Komsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan kurangi kumsumsi garam.
  9. Apabila memiliki kebiasaan merokok, hentikanlah dan jauhkan diri dari minuman beralkohol Karena dapat terjadi penyempitan dinding pembuluh darah  




No comments:

Post a Comment