Laman

Friday, January 13, 2012

7 Tips mencegah penuaan


Penuaan adalah kondisi yang alami yang hampir pasti dialami setiap orang seiring dengan bertambahnya usia. Tapi jangan karena alasan itu lantas Anda menjadi cuek atau tidak mempedulikan kesehatan dan penampilan.

Perubahan kebiasaan dan pola hidup pada intinya bisa membuat seseorang menjadi lebih awet muda. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut adalah 7 (tujuh) kebiasaan sehat yang harus terus menerus dilakukan agar tetap awet muda, seperti yang dipaparkan oleh Telpner :

  1. Cukup tidur

Dengan tidur cukup, tubuh kita saksn mengalami pemulihan, dan dengan cukup tidur dapat membatu regenerasi kelenjar adrenal dan mempercepat peyembuhan jerawat. Waktu yang dibutuhkan orang dewasa sekitar 8 jam, tanpa tidur yang cukup dapat membantu kekebalan tubuh dan kurang tidur akan mengakibatkan kelemahan pada tubuh.

  1. Hindari polusi
Polusi di udara merupakan salah satu penyebab masalah kesehatan yang berhubungan dengan penuaan. Oleh sebab itu lebih baik menjauhkan diri dari udara yang berpolusi dengan menggunakan alat tertentu, melungkan waktu untuk mencari udara yang segar (lari pagi ditaman) atau dapat juga dilakukan dengan mengunjungi tempat yang sejuk.


3. Lebih banyak bergerak, tapi jangan berlebihan
Mencegah penuan dapat juga dilakuakan dengan berolah raga. Berolah raga yang baik adalah olah raga yang terlebih dahulu melakukan pemanasan dan harus disesuaikan dengan kemampuan pisik.

    4. Kurangi minum kafein dan alcohol tetapi Makan sayuran
Kopi dan alcohol dapat mangakibatkan dehidrasi dan penuaan, sehingga perlu untuk membatasi asupannya. Tetapi akan lebih baik apabila meminum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang segar akan lebih baik untuk mencegah penuaan.

    5. Meningkatkan antioksidan
Untuk meningkatkan antioksidan dapat dilakukan dengan buah dan sayuran, kacangan-kacangan serta rempah-rempahan seperti kunyit, kayumanis, cengkeh. Karena penuan yang terjadi dalam tubuh sebabkan oleh radikal bebas yang ada dalam tubuh, dengan memakan makanan yang tinggi antioksidan penuaan dapat diperlambat.

   6. Tarik napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam dapat mengembangkan paru-paru pada bentuk yang maksimal dan dengan menerik napas dalam-dalam dapat membantu system saraf beristirahan dan dengan menarik napas dalam-dalam dapat juga mengurangi stress.

7. Jangan berpikir negative terhadap orang lain

Ketika beripikir negative terhadap orang lain sesungguhnya sudah merugikan diri sendiri, karena ketika berpikir negative terhadap oang kita sudah memaksa diri untuk berpikir melebihi apa yang orang lain lakukan oleh sebab itu selalulah berpikir positif terhadap orang lain dan enjoy menikmati kehidupan akan lebih baik karena dengan demikian kita akan jauh terlihat lebihm muda.


No comments:

Post a Comment