Laman

Wednesday, November 2, 2011

Tips Memelihara Jantung Sehat



Tips Memelihara Jantung Sehat





Apakah selama ini Anda lebih suka makan ayam goreng dari pada ikan bakar? Kurang suka sayuran dan senang goreng-gorengan? Sebaiknya mulailah berhati-hati memilih makanan. Makanan yang kurang bersahabat buat jantung suatu hari akan berakibat fatal. Serangan jantung! Coba saja intip info kompletnya berikut ini!

Diet sehat untuk jantung dimulai dengan memberikan perhatian lebih pada apa yang kita makan. Resiko peningkatan Atherosclerosis, yaitu tersumbatnya pembuluh darah arteri yang mnyebabkan terjadinya serangan jantung bisa dikurangi. Caranya sangat sederhana, menyantap makanan yang bersahabat buat jantung. Jika pembuluh darah arteri sudah mulai tersumbat maka proses penyumbatan bisa diperlambat dan dihentikan.

Mengkonsumsi makanan yang sehat adalah cara terbaik untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan beberapa faktor yang menyebabkan serangan jantung. Mengutip anjuran dari Heart-healthy Nutrition Strategy dapat membantu mengurangi LDL kolesterol (kolesterol yang tidak baik), menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah, dan juga mengurangi berat badan.

Disaat banyak program diet memberitahukan apa saja yang TIDAK boleh Anda makan untuk mengurangi resiko penyakit jantung, justru kekuatan utama dari Nutrition Strategy adalah membantu Anda untuk lebih fokus pada apa yang Anda DAPAT makan.

Pada kenyataannya, penelitian tentang penyakit jantung justru menunjukkan bahwa memberi makanan sehat pada jantung adalah hal terpenting mengurangi resikonya.

Dibawah ini terdapat 9 tips nutrisi untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung:

1. Perbanyak konsumsi ikan

Ikan merupakan sumber protein dan juga nutrisi lainnya. Ikan juga mengandung asam lemak omega 3, yang sangat membantu mengurangi resiko serangan jantung dan juga penyakit stroke. The American Heart Association menyarankan untuk mengkonsumsi setidaknya dua kali dalam seminggu lemak omega 3 yang banyak terkandung di dalam ikan, seperti salmon.

2. Perbanyak konsumsi sayuran, buah, gandum utuh, dan juga kacang-kacangan.

3. Memilih lemak kalori lebih bijak; selalu tanamkan hal ini dalam pikiran Anda.

4. Batasi Total Fat grams

Mengkonsumsi sedikit makanan yang mengandung lemak jenuh dan trans fat; contohnya lemak yang terkandung dalam mentega, margarin, dressing salad, gorengan, makanan manis, dan juga kue-kue manis.

6. Saat Anda mengkonsumsi lemak tambahan

gunakanlah lemak dengan kadar lemak tak jenuh yang    tinggi atau lemak tak jenuh ganda; seperti yang terkandung dalam canola, olive, dan juga minyak kelapa.

7. Perbanyak konsumsi berbagai jenis protein

Biasanya mengkonsumsi makanan yang tinggi protein lema kseperti daging dan dairy product adalah makanan yang mampu meningkatkan resiko terserang penyakit jantung. Untuk mengurangi faktor tersebut dapat dengan cara menyeimbangkan makanan yang dimakan seperti ikan, dan sumber protein dari sayuran.

8. Batasi makanan yang mengandung kolesterol.

9. Olah raga yang teratur, dan juga nikmati hidup Anda khususnya dengan makanan yang Anda makan dan hiduplah secara sehat. Karena hal ini dapat membuat Anda merasa lebih baik.

Nah, mulailah hidup sehat demi jantung Anda dari sekarang!

No comments:

Post a Comment

Post a Comment